Metode Pembelajaran: Ecample Non Example

 

Metode pembelajaran ecample non example adalah metode pembelajaran yang menggunakan contoh-contoh yang dapat diperoleh dari kasus-kasus atau gambar yang relevan dengan Kompetensi Dasar (Hamdani, 2011). Metode example non example merupakan strategi pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media untuk menyampaikan materi pelajaran (Miftahul, 2015). Strategi example non example juga ditujukan untuk mengajarkan siswa dalam belajar memahami dan menganalisis sebuah konsep. Konsep pada umunya dipelajari melalui dua cara: pengamatan dan definisi. Example non example adalah strategi yang dapat digunakan untuk mengajarkan definisi konsep. (Lestiawan & Johan, 2018).

Langkah-langkah penerapan strategi pembelajaran example non example dapat dilakukan sebagai berikut (Lestiawan & Johan, 2018):

a.             Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran.

b.             Guru menempelkan gambar dipapan atau ditanyakan lewat OHP atau proyektor.

c.             Guru membentuk kelompok-kelompok yang masing-masing terdiri dari 2-3 siswa.

d.             Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan kepada setiap kelompok untuk memperhatikan dan atau menganalisis gambar.

e.             Mencatat hasil diskusi dari analisis gambar pada kertas.

f.              Memberi kesempatan bagi tiap kelompok untuk membacakan hasil diskusinya.

g.             Berdasarkan komentar atau hasil diskusi siswa, guru menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai.

h.             Kesimpulan.


Sumber:

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Lestiawan, F., & Johan, A. B. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Example Non-Example untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajaran Dasar-Dasar Pemesinan. Jurnal Taman Vokasi, 98-106.

Miftahul, H. (2015). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktek. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.

 

Reactions

Posting Komentar

0 Komentar