Metode
pembelajaran ecample non example adalah metode pembelajaran yang
menggunakan contoh-contoh yang dapat diperoleh dari kasus-kasus atau gambar
yang relevan dengan Kompetensi Dasar
Langkah-langkah
penerapan strategi pembelajaran example non example dapat dilakukan sebagai
berikut
a.
Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan
tujuan pembelajaran.
b.
Guru menempelkan gambar dipapan atau ditanyakan
lewat OHP atau proyektor.
c.
Guru membentuk kelompok-kelompok yang
masing-masing terdiri dari 2-3 siswa.
d.
Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan
kepada setiap kelompok untuk memperhatikan dan atau menganalisis gambar.
e.
Mencatat hasil diskusi dari analisis gambar pada
kertas.
f.
Memberi kesempatan bagi tiap kelompok untuk
membacakan hasil diskusinya.
g.
Berdasarkan komentar atau hasil diskusi siswa,
guru menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai.
h. Kesimpulan.
Sumber:
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar.
Bandung: Pustaka Setia.
Lestiawan, F., & Johan, A. B. (2018). Penerapan
Metode Pembelajaran Example Non-Example untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil
Belajaran Dasar-Dasar Pemesinan. Jurnal Taman Vokasi, 98-106.
Miftahul, H. (2015). Penelitian Tindakan Kelas
Teori dan Praktek. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan
Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.

0 Komentar