Pengertian Materi Pembelajaan dan Prinsip-Prinsip Memilih Materi Bahan Ajar

Pengertian Materi Pembelajaan 


Materi pembelajaran adalah materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Hal yang harus diketahui, yaitu bahwa materi dalam RPP merupakan pengembangan dari materi pokok yang terdapat dalam silabus. Oleh sebab itu, materi pembelajaran dalam RPP harus dikembangkan secara terperinci bahkan jika perlu guru dapat mengembangkannya menjadi buku siswa. Dalam pandangan Wina Sanjaya, bahan atau materi pelajaran (learning materials) adalah segala sesuatu yang menjadi isi kurikulum yang harus dikuasi oleh siswa sesuai dengan kompetensi dasar dalam rangka pencapaian standar kompetensi setiap mata pelajaran dalam satuan pendidikan tertentu. (Prastowo, Andi. 2015: 194).


Prinsip-Prinsip Memilih Materi Bahan Ajar

Manurut Marno (2010:34) prinsip-prinsip memilih materi pembelajaran terbagi menjadi 3 yaitu prinsip relevansi, prinsip konsistensi dan prinsip kecukupan. Prinsip relevansi adalah materi yang disampaikan kepada peserta didik harus relevan dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Prinsip relevansi berarti keterkaitan atau kesesuaian. Kedua, prinsip konsistensi yang berarti keajegan. Apabila kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa memiliki 4 (empat) indicator, maka bahan ajar atau uraian materi harus mengandung 4 (empat) indicator tersebut. Ketiga, prinsip kecukupan adalah bahwa materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam mendukung siswa dalam rangka menguasai kompetensi dasar yang diharapkan dapat dikuasai siswa. Dengan kata lain, materi yang disampaikan jangan terlalu pendek maupun panjang. (Rianawati: 158-159)

Reactions

Posting Komentar

0 Komentar