Materi
pembelajaran adalah materi yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Hal yang harus diketahui, yaitu bahwa materi dalam RPP merupakan pengembangan
dari materi pokok yang terdapat dalam silabus. Oleh sebab itu, materi
pembelajaran dalam RPP harus dikembangkan secara terperinci bahkan jika perlu
guru dapat mengembangkannya menjadi buku siswa. Dalam pandangan Wina Sanjaya,
bahan atau materi pelajaran (learning materials) adalah segala sesuatu
yang menjadi isi kurikulum yang harus dikuasi oleh siswa sesuai dengan
kompetensi dasar dalam rangka pencapaian standar kompetensi setiap mata
pelajaran dalam satuan pendidikan tertentu. (Prastowo, Andi. 2015: 194).
Prinsip-Prinsip Memilih Materi Bahan Ajar
Manurut Marno
(2010:34) prinsip-prinsip memilih materi pembelajaran terbagi menjadi 3 yaitu
prinsip relevansi, prinsip konsistensi dan prinsip kecukupan. Prinsip relevansi
adalah materi yang disampaikan kepada peserta didik harus relevan dengan
standar kompetensi dan kompetensi dasar. Prinsip relevansi berarti keterkaitan
atau kesesuaian. Kedua, prinsip konsistensi yang berarti keajegan. Apabila
kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh siswa memiliki 4 (empat) indicator,
maka bahan ajar atau uraian materi harus mengandung 4 (empat) indicator
tersebut. Ketiga, prinsip kecukupan adalah bahwa materi yang diajarkan
hendaknya cukup memadai dalam mendukung siswa dalam rangka menguasai kompetensi
dasar yang diharapkan dapat dikuasai siswa. Dengan kata lain, materi yang
disampaikan jangan terlalu pendek maupun panjang. (Rianawati: 158-159)
0 Komentar